iden

Berita

Saturday, 18 May 2024 11:11

5 Hal Penting Untuk Pendatang Baru di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi pilihan favorit untuk ditinggali orang asing, entah untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan. Tetapi, pindah ke Jepang dan membiasakan diri dengan budayanya tentu tidak mudah. Banyak orang asing yang merasakan culture shock pada budaya Jepang karena sangat berbeda dengan negara mereka. Berikut adalah 5 hal penting yang penting diperhatikan sebelum pergi ke Jepang.

1. Ketepatan Waktu

            Waktu adalah hal yang sangat krusial di Jepang. Namun, masih banyak orang asing yang belum terbiasa dengan hal ini. Orang-orang diharapkan datang ke kantor atau ruang kelas 10 sampai 15 menit sebelum waktunya. Apabila pekerjaan dimulai pada pukul 8 pagi, maka diusahakan untuk berada di kantor sebelum pukul 8 pagi. Hal ini mungkin terlihat berlebihan untuk beberapa pendatang, tetapi di Jepang persoalan waktu adalah hal yang cukup diperhatikan.

2. Kereta

            Kereta adalah salah satu transportasi umum yang sering digunakan di Jepang. Tetapi banyak pendatang yang belum begitu paham tentang kereta Jepang. Kereta Jepang dikelompokkan menjadi lima kategori, yaitu : Lokal (kakueki-teisha atau futshu-densha), Rapid (kaisoku), Express (kyuko), Limited Express (tokkyu), dan Super Express (shinkansen). Tidak semua kereta tersedia di semua tempat. Namun jika berada di Tokyo atau kota besar mungkin akan menemukan semuanya. Saat rush hour, para pekerja dan siswa akan berkumpul di dalam kereta. Jika ada penumpang yang tidak bisa masuk karena karena kereta terlihat penuh, ada ‘Train Pushers’ yang membantu penumpang agar dapat masuk ke dalam kereta.

3. Bahasa Jepang

            Sudah banyak yang mengetahui bahwa ada banyak orang Jepang yang kurang menguasai bahasa Inggris. Karena itu, cukup riskan jika pergi ke Jepang tapi tidak bisa berbahasa Jepang. Jadi sebisa mungkin, jika ingin pergi ke Jepang untuk beberapa saat, persiapkan bahasa Jepang setidaknya untuk kata-kata sapaan dasar akan sangat membantu.

4. Makan Sambil Berdiri

            Di Jepang, makan sambil berjalan di taman atau tempat umum adalah satu hal yang dinilai kurang baik. Hal tersebut dikarenakan orang Jepang sangat menekan tata krama dan berpegang teguh pada “ikkai ichi dousa” yang berarti “lakukan satu hal pada satu waktu”. Karena itu, saat ingin makan sebaiknya makan di restoran atau cari bangku taman.

5. Etika Dalam Ruangan: Sepatu dan Sandal

            Saat mengunjungi rumah kerabat yang tinggal di Jepang, sepatu harus dilepas di genkan sebelum masuk ke rumah mereka. Sandal ruangan biasanya disediakan untuk tamu, tetapi untuk berjaga-jaga selalu pakai atau siapkan kaus kaki. Beberapa negara lain mungkkin idak menerapkan ini, tapi di Jepang hal ini termasuk penting.

            Pindah ke negara lain memang memiliki adaptasi yang sulit, apalagi jika budayanya sangat berbeda dengan negeri kita sendiri. Sebagai persiapan, jangan lupa mencari tahu hal-hal penting lain agar tidak terlalu culture shock saat mengunjungi Jepang.

Source: japanesestation

 

世界をひらき、国をつなぐ

#インドネシアの実習生送り出し機関 #育成就労ビザ #送り出し機関

© 2024 Macca Nihongo. All Rights Reserved. Website by JA